Jelang Pilgub DKI, Masyarakat Harus Bijak Menanggapi Isu

Seiring dengan berlangsungnya Pilgub 2017 akan banyak persaingan dan isu yang beredar mengenai calon parpol yang didukung di Pilgub DKI 2017 yang berpotensi menimbulkan perpecahan antarmasyarakat. Untuk mencegah hal ini Kapolda Metro Jaya mengimbau masyarakat untuk bisa bersikap cerdas dalam menyikapi isu yang ada.

Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto menyatakan bahwa media massa saat ini sangat berpengaruj karena mereka dengan mudah menyampaikan aspirasi mereka. Sehingga masyarakat diharap agar pintar dalam menanggapi isu-isu yang tersebar di masyarakat, jangan mudah terpengaruh dengan isu-isu yang dilemparkan tanpa tahu sumbernya benar atau tidak.

Panasnya persaingan di Pilgub terkadang membuat seorang publik figur berbicara hatespeech. Hal itu tentu menjadi salah satu faktor pemicu konflik. Seorang publik figur bicara hatespeech juga jadi masalah, terlebih lagi jika publik figur menjelek-jelekan yang satu dan dia merasa hebat sendiri. Tidak ada yang dapat dilakukan untuk mencegah hal ini, polisi juga tidak bisa menindak pelaku hatespeech lantaran belum ada pasal yang menjelaskan hal tersebut.

Moechgiyarto menambahkan, “Terkait pelaku hatespeech ini sudah ada di ITE, dan beberapa tertentu ujungnya menghina. Orang kan semakin pintar sekarang, kalau dia menunjuk orang langsung ‘oh ini bahaya bagi saya’ makanya dia tidak menunjuk orang tertentu. Dia ngomongnya ditujukan untuk umum tapi orang sudah mengerti arahnya ke mana.”

sumber: Okezone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s