Status Pelaporan Ahok di Sidang Pengujian UU Pilkada Dipertanyakan

Ahok telah mengajukan uji materi perkara pengujian Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) terkait cuti kampanye ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Akan tetapi status Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengenai pelaporan uji materi perkara pengujian Undang-Undang Pilkada mengenai cuti selama masa kampanye dipertanyakan apakah Ahok juga mengajukan uji materiil sebagai pribadi atau sebagai gubernur.

Ketua Bidang Advokasi DPP Partai Gerindra, Habiburokhman, mengungkapkan argumentasi konstitusional yang disampaikan Ahok untuk mengajukan uji materi ini sangat lemah, dalam Pasal 70 Ayat (3) UU Nomor 10 Tahun 2016 yang digugat gubernur petahana (Ahok) sudah sangat sesuai dengan UU, konstitusi, dan UUD 1945. Dalam ayat itu dijelaskan tentang aturan bahwa petahana harus menjalani cuti di luar tanggungan negara dan dilarang menggunakan fasilitas yang terkait jabatannya selama masa kampanye.

Ini berati akan sangat berbahaya apabila Ahok sebagai petahana tidak mengambil cuti saat masa kampanye. Mengingat dapat memanfaatkan kekuasaan dan jabatannya sebagai pejabat negara. Akan sulit untuk bersosialisasi bagi calon penantang petahana pada masa kampanye karena semua peralatan pelaksanaan kampanye sebagian besar dilaksanakan oleh KPU yang terancam terkena sanksi kampanye di luar jadwal. Dan jika Ahok tidak cuti akan sulit bagi masyarakat untuk membedakan apakah Ahok berkampanye sebagai calon petahana atau sebagai kepala yang aktif.

sumber: Okezone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s